Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 29 Mei 2012

RPP BERKARAKTER


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                         : SMAN 1 BANYUASIN II
Mata Pelajaran                       : Sosiologi
Kelas/semester                       :  X/ 2

Standar Kompetensi         : 2 .    Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan                                              kepribadian.

Kompetensi Dasar                   :  2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan                                                    sikap-sikap anti sosial.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
  1. Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
  2. Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
  3. Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
  4. Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
 Alokasi Waktu      :  2 x 40 menit ( 1 x  Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. mendeskripsikan pengertian perilaku menyimpang.
  2. mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
  3. mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
“  Karakter siswa yang diharapkan  : 
  • Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli sosial, Tanggung Jawab.
“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
  • Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.


B.  Materi Pembelajaran
  1. Konformitas
  2. Perilaku Menyimpang
  3. Hubungan Antara Perilaku Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
  4. Sifat dan Macam Perilaku Menyimpang
C.  Metode Pembelajaran
  1. informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
·       Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang didapat di masyarakat sekitar.
·       Secara bergantian melaporkan terjadinya perilaku menyimpang sesuai dengan hasil temuan di kliping /koran/majalah/ internet dan media lain
·       Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang.
·         Secara berkelompok menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang.
·         Siswa dapat Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
·         Siswa dapat Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
·         Siswa dapat Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
·         Siswa dapat Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat






D. Langkah-Langkah Pembelajaran Mennggunakan Model Strategi Pemecahan Masalah ( Big Six)
  1. Pertemuan I
No.
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.  Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.
b.  Memotivasi
Guru menjelaskan perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.
10 Menit

2.
1.    Kegiatan Inti ( Tahap 1. Pendefinisian Tugas )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
“  Siswa mendengarkan penjelasan singkat dari guru tentang konformitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 “  Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

Elaborasi ( Tahap 2 dan 3 yaitu; Pencarian Informasi Dan Penemuan Lokasi Dan Pengaksesan Sumber)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok  untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
( Tahap 4. Penggunaan Informasi)
“  Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam buku halaman 120 dan 126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
“  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
“  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
60 Menit

3.
Kegiatan Akhir ( tahap 5 dan 6; Sintesis Dan Evaluasi )

1.       Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

2.       Penilaian
Guru memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

3.       Penugasan
Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

10 Menit



E.  Sumber pembelajaran:
  • Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 118-138
  • Perilaku Menyimpang dalam masyarakat
  • Peraturan perundang-undangan
  • Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
  • Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
 F.  Media
  1. Papan tulis
  2. Lembar soal
  3. Transparan Konsep
  4. Power Point
 G. Penilaian
  • Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 120, 126, ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 2)
Contoh format penilain tugas!
No
Nama Siswa
Kesesuaian materi dengan Tugas
Ide dan tulisan
Kerapian/
penampilan
Jumlah Nilai
1





2





3





FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







3








No.
Keterangan
Penskoran
Jumlah Skor
1
Aktivitas dalam kelompok                      
Tidak Baik           
Skor  1
2
Tanggung jawab individu                        
Kurang Baik        
Skor 2
3
Pemikiran
Cukup Baik         
Skor 3
4
Keberanian berpendapat 
Baik                      
Skor 4
5
Keberanian tampil
Sangat Baik         
Skor 5


Penilaian diskusi
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat
Kerja sama











 Penskoran:                             Jumlah skor:
A. Tidak Baik                                       Skor 1                   
B. Kurang Baik                                   Skor 2                   
C. Cukup Baik                                     Skor 3                   
D. Baik                                                  Skor 4                  
E. Sangat Baik                                    Skor 5


 














0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates