Selasa, 29 Mei 2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
sekolah : SMAN
1 BANYUASIN II
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 2
Standar Kompetensi : 2 . Menerapkan
nilai dan norma dalam proses pengembangan
kepribadian.
Kompetensi Dasar
: 2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku
menyimpang dan
sikap-sikap anti sosial.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
- Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
- Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
- Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
Alokasi Waktu
: 2 x 40 menit ( 1 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- mendeskripsikan pengertian perilaku menyimpang.
- mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
- mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
“ Karakter siswa yang diharapkan
:
- Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli sosial, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
- Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B.
Materi Pembelajaran
- Konformitas
- Perilaku Menyimpang
- Hubungan Antara Perilaku Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
- Sifat dan Macam Perilaku Menyimpang
C. Metode
Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
|
· Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan
yang didapat di masyarakat sekitar.
· Secara bergantian melaporkan terjadinya perilaku
menyimpang sesuai dengan hasil temuan di kliping /koran/majalah/ internet dan media lain
· Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku
menyimpang.
·
Secara
berkelompok menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya
perilaku menyimpang.
|
·
Siswa dapat
Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil
sosialisasi yang tidak sempurna.
·
Siswa dapat
Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
·
Siswa dapat
Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
·
Siswa dapat
Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
|
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran Mennggunakan Model
Strategi Pemecahan Masalah ( Big Six)
- Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran. Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran
sosialisasi.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan perilaku menyimpang sebagai
akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.
|
10
Menit
|
|
2.
|
1. Kegiatan Inti ( Tahap 1. Pendefinisian Tugas )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
“
Siswa mendengarkan penjelasan singkat dari guru tentang konformitas dan
perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa membaca sendiri materi yang
sudah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi ( Tahap 2 dan 3 yaitu; Pencarian
Informasi Dan Penemuan
Lokasi Dan Pengaksesan Sumber)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok untuk mencari
informasi dari berbagai sumber tentang hubungan antara perilaku menyimpang
dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku menyimpang. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
( Tahap 4. Penggunaan
Informasi)
“
Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“
Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam
buku halaman 120 dan 126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
“
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
kebangsaan, Bersahabat,);
“
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
Jawab.);
|
60
Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir ( tahap 5 dan 6; Sintesis Dan Evaluasi )
1. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang
korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
2. Penilaian
Guru memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan
hasil kerja mandiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
3. Penugasan
Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang
berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10
Menit
|
E. Sumber
pembelajaran:
- Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 118-138
- Perilaku Menyimpang dalam masyarakat
- Peraturan perundang-undangan
- Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
- Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
- Papan tulis
- Lembar soal
- Transparan Konsep
- Power Point
G. Penilaian
- Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 120, 126, ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 2)
Contoh format penilain tugas!
No
|
Nama
Siswa
|
Kesesuaian
materi dengan Tugas
|
Ide dan
tulisan
|
Kerapian/
penampilan
|
Jumlah
Nilai
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
FORMAT PENILAIAN PROSES
DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
No.
|
Keterangan
|
Penskoran
|
Jumlah Skor
|
1
|
Aktivitas dalam
kelompok
|
Tidak Baik
|
Skor 1
|
2
|
Tanggung jawab
individu
|
Kurang Baik
|
Skor 2
|
3
|
Pemikiran
|
Cukup Baik
|
Skor 3
|
4
|
Keberanian berpendapat
|
Baik
|
Skor 4
|
5
|
Keberanian tampil
|
Sangat
Baik
|
Skor 5
|
Penilaian diskusi
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total
nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja
sama
|
||||
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik
Skor
1
B. Kurang Baik
Skor
2
C. Cukup Baik
Skor 3
D.
Baik Skor
4
E. Sangat
Baik Skor 5
Label: Tugas Kuliah
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar