Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 05 November 2013

Minggu Ceria Dengan Olahraga


Sebelum beranjak tidur di malam hari, niatkan dalam diri bahwa hal yang akan dilakukan saat bangun pagi adalah olahraga kebetulan juga besok adalah hari minggu. Memencet tombol snooze (tunda) pada alarm akan membuang-buang waktu yang sangat berharga.

Hoaaahmm… akhirnya saya bangun juga, pagi adalah awal hidup kita, pagi adalah cermin kesegaran jiwa, aroma kehidupan mulai memainkan permainannya, penguasa alam  mulai menunjukan kekuasaannya. Tekad sudah  bulat,  saya  bersama mama dan  adiku yang kecil memutuskan untuk olahraga. Walaupun badai menghadang, topan menerjang, hujan mengguyur *lebay*..  tetep akan olahraga. Sepasang sepatu  sudah siap mengalaskan kaki yang dingin,   setalan training  juga sudah OK..  Kebetulan ada senam masal yang rutin diadakan, kegiatan ini dilakukan saban minggu jam 06.00 WIB  bertempat   di depan halaman kantor DPRD kota Baturaja, mingu ini agak sedikit telat datang, jadinya dapat barisan yang di belakang ( gak apa2 ya.. yang penting ikut partisipasi) senam katanya sih mampu menjadikan tubuh sehat dan bugar. Tapi, jangan asal gerak loh, salah-salah kita tidak mendapatkan manfaat dari senam itu. Untuk sesi ini kita akan melakukan senam jantung sehat. Yap.. senam jantung memang olahraga yang baik untuk kesehatan jantung.


Sebelum kita melakukan senam
mari kita berdoa terlebih dahulu
berdoa mulai
selesai

Itu instruksi pertama dari instruktur senam, didahului oleh pemanasan, tahap conditioning, dan diakhiri pendinginan. Pemanasan (warm up) adalah mengkondisikan fungsi fisik dengan cara meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan mobilitas gerak persendian dan penguluran otot, karena senam jantung memang dibuat khusus untuk membuat jantung sehat, maka gerakan-gerakannya pun dibuat untuk mendukung performa jantung. Gerakan senam jantung akan memacu jantung untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya supaya kebutuhan oksigen tubuh terpenuhi, durasi senam jantung sehat berkisar 30 menit. Seluruh warga berbagai kalangan, berbagai usia memang berbaur di sini. Senam ini diikuti oleh bapak-bapak dan ibu-ibu yang pure, murni pengen olahraga dan nggak neko-neko, mbak-mbak seperti saya yang masih muda, cantik dan manis (narsis.com), berondong alay yang  tebar pesona, sampe ABG labil yang dandanan dan  pakaiannya ya.. gaul abis..ada yang full colour, ada yang dari ujung rambut ampe ujung kaki warnanya matching semua.. Beugh..  bener-bener jadi saingan hehehe… Lengkap lah pokoknya, terserah orang mau melakukan senam dengan motivasi apapun, itu hak mereka masing-masing pribadi orang, yang penting ditempat  ‘eksekusi’ ini  saya ingin  HIDUP SEHAT..!!.. 

Senam selesai, lanjut ke sesi jalan pagi atau  jogging, dalam sekejap sampailah di sebuah lapangan yang tertata baik dengan nama Taman Kota Baturaja ( tinggal nyebrang aja say.. TKPnya berdekatan) Hidup itu sehari-hari memang berawal di pagi hari. Udara dipagi hari itu bersahabat. Percaya deh ! kita dengan leluasa dan boleh rakus menghirup Oksigen yang melimpah diberikan oleh langit. Katanya sih kadar gas Ozon dipagi hari itu berada pada titik tertinggi. Apalagi kotaku tercinta ini masih jauh dari polusi. Pori-pori seketika membuka dan merasakan adanya aura dingin memasuki setiap sendi. Kemudian udara yang kita hirup dari mulut atau hidung mulai menembus tenggorokan dan segera memenuhi rongga dada. Perlahan namun pasti seluruh tubuh akan mulai merasakan alirannya melalui pembuluh darah.

Melihat dunia luar dengan segala hiruk pikuknya itu menyenangkan menurut saya. Jalan pagi sambil celingak-celinguk dengan keadaan sekitar, dengan jalan pagi  tetep move dan move, tak hanya mandheg jegreg di suatu tempat,  Jalan pagi juga membuat saya melihat lebih dekat apa yang terjadi, Saya benar-benar menikmatinya.  Saya  melihat pemandangan seorang nenek dan kakek ( feeling saya yakin, kalau dia suami istri ) melakukan olahraga bersama sambil bercengkarama, duhh romantisnya, saya nobatkan mereka sebagai  best couple of the day.   Kekuatan rasa cinta dan syukur mereka sangat besar, mereka bahagia hingga masa tua (so sweet ... so beautiful juga). Pemandangan seperti ini  jarang ditemui,  di masa kini kita sering mendengar berita kandasnya sebuah perkawinan yang hanya bertahan dalam hitungan tahun, bulan, bahkan hitungan hari, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi buat yang masih nyari pasangan (ehemmm..ehmmm nunjuk muka sendiri) dan pasangan-pasangan muda agar kelak bisa awet seperti mereka.
Di taman ini, pengelola juga menyediakan jalan berbatu untuk refleksi kaki, biar tidak penasaran kita coba juga,  Bagaimana rasanya? Woooowwww rasa segar ketika bebatuan menekan-nekan telapak kaki. Perasaan rileks langsung menyeruak ke sekujur tubuh, tekanan batu pada telapak kaki memberikan rangsangan bioelektrik pada organ tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf telapak kaki. Taman Kota ini juga dilengkapi dengan Hotspot. Dibeberapa sudut tampak para remaja bergerombol sedang duduk-duduk bercengkerama. Bersosialisasi, menikmati layanan akses Internet berbasis wifi yang memang gratis,  jejaring sosial semacam Facebook atau Twitter yang konon 'menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.

Ada juga yang asyik menikmati hari minggu paginya dengan bersepeda, menggowes dengan santai dan pelan, tetap semangat dan tidak mengendor sedikitpun. Mengayuh sepeda santai bersama dengan keluarga atau teman-teman dengan ditemani hembusan angin membuat pengunjung begitu merasa nyaman.  Ada pula Belasan anak lelaki dengan telanjang kaki berlarian. Di atas tanah dengan rumput yang menghijau. Kaki-kaki itu memburu sebuah bola sederhana, yang penuh tambalan di mana-mana. Teriakan silih berganti dengan cekikikan. Ada keseriusan, ada pula bahan tertawaan. Hingga bola menembus gawang tanpa jaring, (Jebrettttt.....goooool).  Anak-anak lelaki kecil telanjang dada, menjalani hari dengan ceria bermain bola. Kulit berwarna gelap jadi mengkilap karna keringat yang bercucuran.
Setelah di rasa cukup dengan jalan pagi kami duduk santai di salah satu bagian trotoar. Terasa adem, karena banyak pepohonan tinggi di sekitar taman, Istirahat sebentar sambil menikmati pagi. Olahraga ini  harus dilakukan secara rutin agar manfaatnya terasa, menjaga semangat untuk tetap berolahraga meningkatkan kesehatan tidaklah mudah. Semoga saja bisa terus konsisten. Olahraga dengan kesadaran untuk memelihara kesehatan.
Yuukk.. mari kita olahraga bareng.. mari kita hidup sehat.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates