Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 18 Desember 2012


Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian yang dilakukan melalui kegiatan obsevasi,dan wawancara meliputi: kunjungan siswa di perpustakaan, peminjaman buku, koleksi perpustakaan,  dan hambatan perpustakaan di SMAN 1 Banyuasin II
1.      Kunjungan Siswa di Perpustakaan
Kunjungan siswa ke perpustakaan merupakan indikator tercapainya tujuan didirikannya perpustakaan. Sebagai perpustakaan sekolah, kunjungan siswa ke perpustakaan menjadi tolak ukur pemanfaatan perpustakaan oleh peserta didik. Dari hasil pengamatan, kunjungan siswa ke perpustakaan  yaitu pada saat jam istirahat setiap hari sekolah. Berdasarkan hasil wawancara kami kepada petugas perpustakaan rata-rata ada 50 siswa setiap hari berkunjung ke perpustakaan, dengan keperluan membaca dan meminjam buku.
tabel 1. Data pengunjung perpustakaan 2011-1012
No.
Pengunjung
Keterangan
1
Laki-laki
Perempuan
2
927 siswa
945 siswa
1.      Koleksi Perpustakaan
Menurut standar koleksi buku yang ditetapkan pemerintah, koleksi buku perpustakaan yang dimiliki perpustakaan hendaknya sebanding dengan jumlah siswa hal itu dimaksudkan agar perpustakaan sekolah dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam memanfaatkan  perpustakaan sebagai sumber belajar sehingga siswa dengan leluasa memanfaatkan koleksi tanfa harus menunggu pengembalian dari siswa lain.
Koleksi perpustakaan yang dimiliki SMAN 1 Banyuasin II  baik buku fiksi maupun nonfiksi sampai dengan juni 2012  adalah 1698 buah, dengan rincian sebagai berikut:
Tabel 2. Buku Perpustakaan di SMAN 1 Banyuasin II tahun 2011-2012
NO.
Kelompok Buku
Jumlah (Eks)
Keterangan
1
Karya Umum
87
2
Filsafat
10
3
Buku Agama
9
4
Buku Ilmu Sosial
Sosiologi
Ekonomi
Etnografi/ Cerita Rakyat

101
238
15

KTSP
KTSP

5
Buku Ilmu Bahasa
Umum
Pengetahuan Bahasa Indonesia
Pengetahuan Bahasa Inggris
Kesustraan

33
202

200
72


KTSP
KTSP
6
Buku Matematika dan IPA
Matematika dan IPA
Fisika dan Mekanik
Kimia
Biologi

40
202
140
194

KTSP

KTSP
KTSP
7
Ilmu Pengetahuan Praktis
220
8
Buku Arsitektur, Kesenian dan Olahraga
60
9
Buku Geografi, Biografi dan Sejarah
24
10
Peta/ Atlas
49
Jumlah
1698
            Sumber : data pengolah perpustakaan 2012

3.      Peminjaman Buku
Perpustakaan sekolah tidak dapat dilepaskan dari koleksi buku yang dimiliki. Adanya buku tidak akan memberikan manfaat apabila tidak di baca oleh siswa. Oleh karena itu salah satu sasaran pengguna buku perpustakaan adalah siswa. Tanpa adanya pemanfaatan bahan pustaka oleh siswa maka perpustakaan sekolah tidak dapat memberi arti sebagai sumber belajar. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa buku-buku yang dipinjam oleh siswa lebih banyak bukan buku pelajaran. Hal ini disebabkan karena semua siswa sudah di pinjamkan buku paket selama satu tahun.
Tabel 3. Jumlah peminjam buku tahun 2011-2012
No.
Pengunjung
Keterangan
1
Laki-laki
perempuan
2
120 siswa
361 siswa
Sumber : data pengolah perpustakaan 2012

1.      Hambatan
Perpustakaan mempunyai peran dan andil yang cukup besar dalam meningkatkan kualitas masyarakat pendidikan maupun masyarakat umum. Dengan kata lain perpustakaan berperan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tetapi ada beberapa masalah yang dihadapi dalam pengembangan perpustakaan sebagai sumber belajar, antara lain:
  1.  . Terrbatasnya sumber daya manusia yang mampu mengelola perpustakaan sekolah serta mempunyai visi pengembangan yang baik
  2.      Keterbatasan dana dalam pengadaan buku sehingga membatasi peluang mendapatkan koleksi berkualitas dan dalam waktu singkat.
  3.      Masih terbatasnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang keberadaan perpustakaan sekolah. Luas ruang, meja, kursi untuk membaca juga belum sebanding dengan jumlah siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah.
  4.     Koleksi buku yang terbatas, berpengaruh terhadap minat baca. Koleksi yang kurang beragam dan ‘hanya’ mengandalkan buku teks bantuan dari pemerintah bahkan tidak mengalami‘pembaharuan’ selama bertahun-tahun. Tak jarang tampilan bukupun menjadi tidak menarik bagi siswa untuk ‘menyentuhnya’. Tentu ini menjadi masalah serius, karena salah satu ciri keberhasilan sebuah perpustakaan adalah ketersediaan dan keterpakaian koleksinya. 



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates