Selasa, 18 Desember 2012
Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian yang dilakukan melalui
kegiatan obsevasi,dan wawancara meliputi: kunjungan siswa di perpustakaan,
peminjaman buku, koleksi perpustakaan, dan hambatan perpustakaan di SMAN
1 Banyuasin II
1.
Kunjungan Siswa di Perpustakaan
Kunjungan siswa ke perpustakaan merupakan indikator tercapainya tujuan didirikannya
perpustakaan. Sebagai perpustakaan sekolah, kunjungan siswa ke perpustakaan
menjadi tolak ukur pemanfaatan perpustakaan oleh peserta didik. Dari hasil
pengamatan, kunjungan siswa ke perpustakaan yaitu pada saat jam istirahat
setiap hari sekolah. Berdasarkan hasil wawancara kami kepada petugas
perpustakaan rata-rata ada 50 siswa setiap hari berkunjung ke perpustakaan, dengan
keperluan membaca dan meminjam buku.
tabel 1. Data pengunjung perpustakaan 2011-1012
No.
|
Pengunjung
|
Keterangan
|
|
1
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
|
2
|
927 siswa
|
945 siswa
|
1.
Koleksi Perpustakaan
Menurut standar koleksi buku yang ditetapkan
pemerintah, koleksi buku perpustakaan yang dimiliki perpustakaan hendaknya
sebanding dengan jumlah siswa hal itu dimaksudkan agar perpustakaan sekolah
dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai
sumber belajar sehingga siswa dengan leluasa memanfaatkan koleksi tanfa harus
menunggu pengembalian dari siswa lain.
Koleksi perpustakaan yang dimiliki SMAN 1 Banyuasin II baik buku
fiksi maupun nonfiksi sampai dengan juni 2012 adalah 1698 buah, dengan
rincian sebagai berikut:
Tabel 2. Buku Perpustakaan di SMAN 1 Banyuasin II tahun 2011-2012
NO.
|
Kelompok Buku
|
Jumlah (Eks)
|
Keterangan
|
1
|
Karya Umum
|
87
|
|
2
|
Filsafat
|
10
|
|
3
|
Buku Agama
|
9
|
|
4
|
Buku Ilmu Sosial
Sosiologi
Ekonomi
Etnografi/ Cerita Rakyat
|
101
238
15
|
KTSP
KTSP
|
5
|
Buku Ilmu Bahasa
Umum
Pengetahuan Bahasa Indonesia
Pengetahuan Bahasa Inggris
Kesustraan
|
33
202
200
72
|
KTSP
KTSP
|
6
|
Buku Matematika dan IPA
Matematika dan IPA
Fisika dan Mekanik
Kimia
Biologi
|
40
202
140
194
|
KTSP
KTSP
KTSP
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Praktis
|
220
|
|
8
|
Buku Arsitektur, Kesenian dan Olahraga
|
60
|
|
9
|
Buku Geografi, Biografi dan Sejarah
|
24
|
|
10
|
Peta/ Atlas
|
49
|
|
Jumlah
|
1698
|
Sumber : data pengolah perpustakaan 2012
3. Peminjaman
Buku
Perpustakaan sekolah tidak dapat dilepaskan dari koleksi
buku yang dimiliki. Adanya buku tidak akan memberikan manfaat apabila tidak di
baca oleh siswa. Oleh karena itu salah satu sasaran pengguna buku perpustakaan
adalah siswa. Tanpa adanya pemanfaatan bahan pustaka oleh siswa maka
perpustakaan sekolah tidak dapat memberi arti sebagai sumber belajar. Dari
hasil observasi dapat diketahui bahwa buku-buku yang dipinjam oleh siswa lebih
banyak bukan buku pelajaran. Hal ini disebabkan karena semua siswa sudah di
pinjamkan buku paket selama satu tahun.
Tabel 3. Jumlah peminjam buku tahun 2011-2012
No.
|
Pengunjung
|
Keterangan
|
|
1
|
Laki-laki
|
perempuan
|
|
2
|
120 siswa
|
361 siswa
|
Sumber : data pengolah perpustakaan 2012
1.
Hambatan
Perpustakaan mempunyai
peran dan andil yang cukup besar dalam meningkatkan kualitas masyarakat
pendidikan maupun masyarakat umum. Dengan kata lain perpustakaan berperan dalam
upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tetapi ada beberapa masalah yang dihadapi
dalam pengembangan perpustakaan sebagai sumber belajar, antara lain:
- . Terrbatasnya sumber daya manusia yang mampu mengelola perpustakaan sekolah serta mempunyai visi pengembangan yang baik
- Keterbatasan dana dalam pengadaan buku sehingga membatasi peluang mendapatkan koleksi berkualitas dan dalam waktu singkat.
- Masih terbatasnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang keberadaan perpustakaan sekolah. Luas ruang, meja, kursi untuk membaca juga belum sebanding dengan jumlah siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah.
- Koleksi buku yang terbatas, berpengaruh terhadap minat baca. Koleksi yang kurang beragam dan ‘hanya’ mengandalkan buku teks bantuan dari pemerintah bahkan tidak mengalami‘pembaharuan’ selama bertahun-tahun. Tak jarang tampilan bukupun menjadi tidak menarik bagi siswa untuk ‘menyentuhnya’. Tentu ini menjadi masalah serius, karena salah satu ciri keberhasilan sebuah perpustakaan adalah ketersediaan dan keterpakaian koleksinya.
Label: Tugas Kuliah
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar